aku

01 July 2018

What I think about marriage (versi neng paul)

Expectation
Dalam diskusi malam-malam selama kuliah di Solo, rasanya gue lumayan sering bahas soal ini bareng icha, galuh, nofi ataupun mbak intan di burjo sebelah kost. Pernikahan. Lagi jauh umur. Apalagi dapur, sumur, kasur. Buat gue, pada waktu itu, menikah adalah sesuatu yg "dewasa banget" dan entah kapan bisa ada dlm posisi tsb.

Kapan waktu yg tepat untuk menikah? Ya kalo gue udah kenyang sama masa muda gue. Udah nyobain semua tempat makan hitz di kota2 besar. Udah kerja. Udah punya rumah sendiri(atau seenggaknya DP KPR di TangSel, jkt mahal sist😁). Adik2 gue sekolah udah beres. Dan paling standar sih.. udah puas keliling Indonesia. Berat emang kalo capricorn punya ambisi.

Setelah lulus,temen2 banyak yg udah nikah. Kok elu belom? Lah gue mah apa atuh, gak ada seujung kukunya Raisa 6690 yg lulus kuliah, karir cakep, jodoh apalagi!

Terus kapan mau nikah? Nah pertanyaan ini bakal ada di fase elu lagi asyik2nya kerja tapi anak tetangga emaklu kanan kiri udah pada nikah semua (dan seolah-olah) tinggal elu yg blm nikah. Juga ada di fase saat temen2 kantorlu akhirnya menemukan jodohnya, tp elu blm juga dilamar. Maka yg gue lakukan adalah resign dari kerjaan itu dan pake masker gojek kemana2😅✌. Eh jangan sist! Jangan gituh. Maka jawab aja dengan sans, "emangnya orang hidup cuma buat nikah doang?" Masih banyak yg bisa kita lakuin sebelum masuk ke lembaga pernikahan. Lanjutin kuliah. Buka perpustakaan keliling. Belajar tenun. Ikut yoga. Belajar masak. Ajak jalan2 keponakan. Bahagiakan orangtua. Dan yg pasti siapin diri untuk seseorang yg dipilihkan Tuhan sbg tmn hidup nanti.

Emang mau yg kayak gimana sih jodohnya? Yg pasti yg terbaik yg telah ditetapkan oleh-Nya. Bisa jadi imam buat gue, literaly beneran imam yg bisa solat, hafalan surat pendeknya okelah (gak harus 30 juz ya emang eike pevitapearce), dan solatnya bukan di depan gue doang. Gak perlu yg alim2 banget atau jaim2 banget. Yg penting mah dia tampan dan mapan.

Dih kok matre? Lah emang cinta bisa dipake buat bayar lemari ikea sama beli pulsa token listrik?

Terus harus tampan perilakunya. Juga pikirannya. Luas. Bebas. Open minded. Dan saat itu kayaknya gue cuma mimpi🌜

Reality
Dalam diskusi malam-malam menjelang akhir tahun 2015, saat itu gue duduk di batu-batu pinggir pantai ancol tempat afgan syahreza bikin videoklip terimakasih cinta. Tapi duduknya gak sama afgan. Sama Jabar 😊. Kita diskusi tentang banyak banget sampai lelah. Sampai ombak di pantai benar-benar tenang dan gerimis mulai datang.

Kita diskusi terus di banyak tempat. Di martabak alim. Di roti bakar edi. Atau di tenda ngemil. Kadang di teras rumah gue. Kadang di teras rumah Jabar. Jarangnya di mall. Apalagi bioskop. Selama masih ada taman atau museum, ngapain ke mall ya kan?😅 Diskusi tentang pernikahan jarang. Seringnya tentang tabungan. Barangkali beruntunglah kamu yg terlahir dari keluarga kaya raya harta melimpah. Tapi barangkali ini cara terbaik Tuhan juga biar kita ikhtiar sebanyak-banyaknya. Menabung juga sebanyak-banyaknya untuk goals yg mau kita tuju💰💰💰 Jadi sekarang gue ngerti kenapa foto pernikahan orang sering dicetak segede poster, karna utk foto macam itu aja butuh usaha yg keras dan serius. Butuh keuletan dan komitmen sama apa yg udah direncanakan.

2 tahun lebih berselang, tanggal pun telah ditentukan. Janji pernikahan telah diucapkan. Kehidupan baru telah disiapkan.
Kalo ada yg bilang persiapan pernikahannya udah 90%, kalo gue rasanya ampe sekarang pun blm lewat dari 20%. Kini bukan lagi soal harga daging sapi sekilo berapa ataupun tenda warna apa. Tapi kehidupan pernikahan itu butuh banyaaaak banget waktu buat belajar. Ibaratnya gue bilang udah siap pun, tetap salahnya masih banyak. Kurangnya apalagi! Kurang manis, kurang asin, kurang sabar, pokoknya banyak kurangnya.

Tapi lebihnya juga banyak. Katanya menikah itu menyempurnakan separuh agama. Bayangin orang yg udah menikah, istri nyiapin air minum buat suami aja jd pahala (apalagi nyiapin air es pake sirup, pake blewah, melon, alpukat, dan susu kental manis). Begitu jg suami yg cari nafkah utk istrinya, selain dpt gaji dan insentif dari bosnya, jg dpt pahala dari Tuhan. Kan!!! Menikah itu bonus pahalanya berlimpah!!! Niatkan untuk ibadah.

Tuhan pasti melancarkan, dan tidak dipersulit. Diakhirkan dengan yang baik, karna Dia Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Hope
Dalam diskusi malam-malam beberapa hari setelah lebaran tahun ini, gue sempat berkelakar dengan sahabat kecil gue, Siti Rahmah, "ternyata bener ya dram kata enyak gue, kalo nyapu gak bersih, bakal dpt suami berewokan". Rahmah pun tertawa melihat foto Jabar yg kebetulan rambut2 halusnya tumbuh subur di dagu arah kedua telinga yg ada di layar hp gue. Barangkali perlu kita sekali-kali percaya sama mitos ya gaes.

Perlu juga rasanya, menurut gue nih, denger nasihat2 dari orang yg udah menikah 2 tahun, 4 tahun, atau 20 tahun sebelum kita. Sebab apa? Sebab mereka udah praktek, kita baru teori.

Kata mamah dedeh, nasihat pernikahan paling baik adalah yg diberikan sebelum pernikahan. Karna membuat garis yg lurus lebih mudah daripada meluruskan yg sudah terlanjur bengkok. Ya kan? Eh ya kira2 gitu lah😅

Terus sekali lagi masuk ke lembaga pernikahan ini bukan masalah waktu. Bukan kejar target. Bukan juga masalah komentar2 dari netijen. Sebab biasanya yg nanya "kapan nikah? Kapan nyusul?" sebenernya adalah orang yg gak pengen kita undang, ya kan?✌ Dan jangan lupa masuk ke lembaga yg suci ini juga harus suci. Suci niat. Suci hati. Bersih niat. Bersih hati. Balikin hati berulang kali niatnya ibadah. Niatnya melindungi yg kita cintai. Niatnya saling menutupi kekurangan. Niatnya setia sampai ajal memisahkan. Niatnya bangun rumah di surga. Niatnya punya keturunan yg soleh dan solehah.

Kalau belum siap? Siapin aja dulu. Jodoh mah udah ada yg ngatur. Jalan2 aja dulu keliling dunia. Baca aja dulu buku2 yg bermanfaat. Kenal2 aja dulu sama banyak orang dari berbagai latar belakang. Sedekah aja dulu seikhlas2nya. Banyakkkkk banget hal berfaedah yg bisa dilakukan sebelum punya pendamping hidup. Sebab menikah bukanlah balapan. Jalaninya butuh persiapan. 💪💪

No comments: