aku

13 November 2017

Jeda

Howeyyyy kira-kira 2 bulan yg lalu saat jadwal mengajar masih sering kosong, Maul berniat untuk lebih rajin menulis di blog ini. Tapi kemudian terlanjur kepincut sama tutorial video-video di youtube. Jadilah setiap waktu luang Maul khusuk mantengin para beauty vlogger Indonesia yang cakep-cakep dandannya itu. *Btw Maul lagi berniat mau bikin vlogger juga, cuma takutnya yg nonton cuma 4 orang, itu pun keluarga Maul semua😂*

Kemudian tiba-tiba jadwal mengajar datang bertubi-tubi ke segala arah. Entar tiba2 Maul ada di Kemanggisan, tiba2 lompat ke Meruya, tiba2 nyasar ke Matraman (eh yg ini sih seruuuu abis karna tiba2 ngajarin anak2 SMA N 8 Jakarta!!! Bayangkan!!! Wahgelase!!!), dan ujung2nya tersangkut pula di daerah Fatmawati dan Sambas, Melawai. Itu yah karna lokasi mengajar di Sambas yg masuk ke perumahan dan sering kena portal komplek, jadinya drama mulu tiap naik gojek dari situ. Ohiya suatu saat nanti mungkin akan Maul posting tulisan tentang drama gojek yg akuh alami sehari-hari. *Dasar Ratu Drama 👑*

Nah lalu karna mulai kecanduan youtube lagi, Maul menyasar kembali ke vlog nya Najwa Shihab. Wuhuuuu yeay happy amat mbak Najwa akhirnya punya vlog sendiri! Sebenarnya di salah satu videonya sih ada perbincangan dia dengan Sri Mulyani yang ngomongin soal jeda. Jadi mereka memaknai adanya "jeda" dalam pekerjaan ini sebagai cara untuk me-refresh hidup, juga membuka pandangan lebih luas, mengambil keputusan jadi lebih wise, dan yang pasti banyak hal-hal yang tadinya tidak pernah sempat kita lakukan, saat berhenti dari pekerjaan / rutinitas kita, justru jadi hal yang sangat menarik untuk dilakukan.

Maul setuju bangettttt dengan pendapat kedua perempuan hebat ini!

Maul mau cerita sedikit tentang kondisi Maul saat jeda.

Jujur aja saat berhenti dari tempat pekerjaan yg pertama -dimana rutinitas itu sudah berjalan kurang lebih 2 tahun- dalam kondisi "nothing to do", gaktau mau ngapain abis itu, mau kemana, mau ngerjain apa. Maul cuma sibuk ngelanjutin nonton drama korea yang judulnya... "reply 1988"! Itu lucu dan haru banget ya! Settingnya dapet banget! Ehem okeh kembali ke topik. Iya jadilah Maul pengangguran tanpa arah.

Namun kemudian suatu hari iseng ke rumah Pacar yang rumahnya di ujung sanah ituh naik KRL. Bagian ini punya kesan tersendiri bagi Maul, sebab sebelumnya gak pernah berani naik KRL sendirian. Sadar bahwa isinya KRL jaman sekarang tuh beda banget ama jaman dulu (?). Ya pokoknya yang sekarang sih pasti lebih bersih keretanya, stasiun lebih cakep, yang naik makin banyak orang kantoran, dan udah jarang banget tuh nemuin orang yg ngobrol di kereta, karna pada sibuk memandangi layar hengpong-nya masing2.

Juga Maul memperbanyak waktu mengobrol sama Enyak. Diajarin masak, diajarin nyium bumbu dapur, diajarin caranya naburin royco *iye enyak gue kalo masak emang gak pernah ketinggalan mecin, dan alhamdulillah gue yg makan masakan enyak gue dari bayi pinter2 aja tuh* *arogansi sekali wahai kau anak muda!* ✌😇, termasuk diajarin cara menyajikan makanan yg cakep kalo difoto.

Terus saat malam tiba, yang Maul lakukan adalah melibas semua buku-buku dan e-book nya Agatha Christie. Aduh gila! Jadi agak nyesel kenapa dulu gak ambil jurusan kriminologi ya? Sukaaaaaa bangettttt sama semua cerita detektif Poirot ataupun cerita lepasannya beliau. Jadi si Agatha ini kan menulis sekitar 1920an ya, nah latar ceritanya tuh gue sering kebayang-bayang vintage gituh, karna dia menjelaskannya detail banget dan sangat cerdas banget banget bangetttt untuk menyembunyikan pelakunya... "gunakan sel abu2 mu" itu kalimat yang sering keluar kalo penjahatnya udah mau ketangkep.

Nah jadilah Maul pengangguran yang sedikit bermanfaat. Termasuk di masa ini sepupu Maul baru lahir yang namanya Cipa. Lucuuuu banget!

Semakin bermanfaat lagi karna akhirnya alat2 membuat kue yg selama ini terpajang manis di dapur mama akhirnya terpakai juga. Walaupun donat sering bantet dan brownies gak pernah manis. Tapi bolehlah ya dicoba.. 🍮🍰

Lalu Tuhan tiba2 kasih kesempatan yang tiada duanya. Yang mungkin gak bakal pernah Maul bayangin dan gak akan dapetin lagi di kemudian hari. Maul diterima mengajar di kelas Baby dan Toddler!!! Buanyakkkkkk banget ilmu tentang bayi dan kehidupan di tahun pertama manusia yang Maul dapetin saat magang disini. Termasuk juga mau gak mau Maul harus belajar menari Baby Shark tiap pagi di depan kelas, belajar ngoceh pake Bahasa Inggris di sekolahan, dan minum air putih secara berkala serta sering serta harus serta wajib alias fardhu'ain.

Setiap gerakan ada maknanya. Semua ilmu yang Maul dapet di sekolah itu (baby: usia 2 bln-1 thn, pre-toddler: usia 1 thn - 2 thn, toddler: usia 2 thn - 4 thn) bakal jadi pelajaran buat Maul kalau nanti punya anak. Makanya Maul bilang di awal bahwa magang di sekolah ini beruntung banget. Nama sekolahnya Molome Dalome yang letaknya di daerah Meruya, Jakata Barat. Sekolah ini pakai kurikulum internasional. Metode yang digunakan menggunakan metodenya Glenn Doman (pakar perkembangan otak pada bayi). In my opinion sih ini bentuk playgroup yang modern yah karna mengkombinasikan antara perkembangan motorik, visual, maupun auditori pada anak di usia emasnya.

Yak! Intinya dalam waktu jeda ini Maul merasa bahwa justru banyakkkkk banget yang Maul bisa pelajari di luar kemampuan Maul yang biasanya cuma ngoceh2 tentang Sosiologi. Semuanya berasa banget perubahannya setelah akhirnya memutuskan untuk kembali lagi mengajar sosiologi ke anak2 SMA.

Dari waktu jeda itu, kini Maul tiap punya waktu luang pasti bakalan masuk ke dapur untuk masak. Dari waktu jeda itu, kini Maul kemana-mana pasti membawa  botol tupperwere yang guede banget isinya air putih. Dari waktu jeda itu, kini Maul sadar bahwa yang bikin pengetahuan luas itu ya harus membaca. Dari waktu jeda itu, kini Maul tiap update status menggunakan Bahasa Inggris pasti memperhatikan grammar-nya terlebih dahulu. Dari waktu jeda itu Maul mengubah pandangan dari "bisa karna biasa", menjadi "bisa karna belajar". Dari waktu jeda itu, kini Maul punya rencana hidup  yang mateng tapi ndak ngoyo. Dan yang paling penting dari segalanya adalah, bahwa benar uang bisa dicari, tetapi "waktu yang berharga" tidak akan pernah kembali. Oleh karena itu hargai waktu jeda kamu sebaik-baiknya. Terimakasih kepada orang-orang yang menemani dan mangajari Maul berbagai hal selama waktu jeda kemarin. Salam literasi!!!

👐👐👐

No comments: