aku

19 October 2017

Ahli alih-alih

Maul bersyukur sekali minggu ini jadwal mengajar sudah padat. Materi sudah siap dengan sket bimbingan dari Buana (nama disamarkan). Sedikit cerita, Buana ini adalah senior saya dari UNS dan beliau ternyata teman kuliahnya dosen saya. Berarti Buana itu udah tua yak? *wkwk peace bu✌*. Bukan tua, tapi matang. Ya situ bayangkan saja ada murid nanya soal teori konflik ataupun teori fungsional, beliau menjawab sambil berdandan bahagia pakai lipstik dan maskara. Hidupnya sans, gak kayak orang-orang di medsos jaman sekarang..

Eh tapi kenapa itu ya netijen netijen Indonesia jadi galak-galak begituh? Kadang yang bukan urusannya, jadi urusannya. Yang bukan masalah besar, dibesar-besarkan. Yang harusnya ada di ruang pribadi, jadi di ruang publik. Lah ini netijen hidup dalam kesemuan yang abadi apa gimanah?

Maul ini termasuk pengguna medsos 24 jam sehari juga sih. Termasuk yang paling depan (sok tahu) komentar tentang politik, pendidikan, ataupun masalah perempuan. Tapi maul mah apa atuh.. yg followersnya dikit itu juga isinya murid2 SMA atau bocah kuliahan. Jadi kadang mau komentar juga nanggung alias gengsi alias pekeweuh alias akward alias... ya begitulah. Maksudnya kalau mau pol2an juga gak enak ntar dibaca murid2 ntar pada terpengaruh. Lebih parah lagi kalau gak ada yg terpengaruh sih.. hehehehe😂😂

Maul terakhir upload ke medsos instagram tentang Pelantikan Bapak Gubernur kita yang baru. UYEEEEE Selamat Bekerja Bapak Anies Baswedan. Aduh ini umur blog maul berarti udah lama juga yaa. Inget dulu juga pernah nge-blog tentang Janji Manis Pak Kumis (Fauzi Bowo), juga tentang Pakdeh Jokowi yang kalo bisa gak usah pindah ke DKI, dan terakhir pernah ngeblog juga tentang persaingan 3 orang hebat: Agus-Ahok-Anis.

Maul dengan sengaja meniadakan TV yang ada di kamar karena pusing juga lihat berita-berita sepanjang PILKADA DKI yang panas banget kemarin. Segala soal SARA muncul melulu, segala demo di tiap tanggal cantik, segala Agus yang keluar dari Tentara. Aduh itu yang terakhir sih yang paling bikin nangis kayak nonton drama korea😢😢😢. Laaaaah yaiya Maul mah harus dinyambungin-nyambunginnya ke drama, namanya juga perempuan.

Maka jadilah Maul pada putaran pertama gak ikutan nyoblos lantaran gak tega melihat Son Jo Ki nya Indonesia ada di lembar surat suara.. *lebay ye*, tapi Maul (terpaksa) nyoblos di putaran kedua pada saat 2 pasang kandidat lagi yang bertarung. Atuh sesungguhnya dari hati yang paling dalam Maul gak punya pilihan mana yang terbaik.. untuk jadi Pemimpin Jakarta maksudnya ya.. (untuk Calon Pemimpin Rumah Tangga mah udah ada di hati ini *aihhhh jadi malu😁* *paansih ul😅*). Dan pagi itu Maul disuruh enyak yang ternyata dari subuh udah berangkat ke TPS *enggak deng*, dan itupun sudah pulang dengan jari ungu serta membawa donat🍩🍩. Maul kira abis nyoblos dapet donat, gaktaunya itu dari tetangga. Kata enyak, "berangkat ul.. orang2 ajah pada berangkat noh ke TPS.." terus Maul males-males manja karna lagi makan donat (?)

Maksud maul mau cerita bahwasanya pilihan maul jatuh kepada... ada deh!!! Rahasia!!! Ya intinya maul ngikutin kata enyak. Ya kan enyak panutan maul. Maul mah yakin aja sama enyak. Karna enyak pasti berdasarkan kata hatinya. (Maul sengaja gak pake logika ataupun nunut pikiran2nya "para ahli" yang rajin komen di media). Biar kata dikatain kebanyakan makan micin, kaum sumbu pendek, ataupun apalah itu.. Lah situ emang berani ama enyak maul yang udah 7 turunan 8 tanjakannya betawi aseli? 😆 yang kalo ngomel bisa 7 hari 7 malem? yang suaranya lantang ngelebihin toa masjid? Yang kalo belah jagung bisa dalam sekali libas? Yang kalo masak capcai pakai royco nya 1 bungkus abis?Hem?😯

Urusan itu yang dipilih bakal ngejalanin janji2nya atau luput ya urusan beliau kepada Tuhan-nya dan kepada rakyat-Nya. Namun dari hati yang paling dalam enyak berkata, "enyak nyoblos dia karna senyumnya paling manis.. yang itu kan yang itu tuh.. yang ntuh.. kata ncing lu, dia bapaknya muridlu..". Terus maul mengangguk-angguk sambil melangkah mantab ke TPS.

Kemudian beberapa bulan berselang suasana "Medsos-nye Jakarta" kembali chaos. Dalam sosiologi, chaos dapat diartikan sebagai suasana yang kacau yang disebabkan oleh norma yang lama telah hilang/luntur, dan belum adanya norma baru yang dibentuk/dianut. Begituh. Lalu kenapa maul cuma merujuk ke Medsosnye Jakarta? Sebab yang heboh banget sih emang di medsos ya lantaran Pak Gub pas di pidato menyebutkan kata "pribumi", eh ternyata di peraturan gak boleh gitu ya katanya. Maul juga gak begitu mengerti sih soal keluwesan penggunaan kata pribumi ini. Cuma sebagian netijen ada yang ribet banget mempersoalkan ini sampai dilapor2in gituh. Etdah begimane ini orang Jakarta punya gubernur dilapor2in mulu? Sans ajah ngapa sans

Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah.. jika memang kata "pribumi" ini tidak boleh digunakan di khalayak, lalu bagaimana maul akan menjelaskan materi tentang pelapisan sosial pada jaman kolonial dalam bab Struktur Sosial? Masa di-skip ajeh. Enak ajeh. Pan soal begitu juga sering muncul di try out ataupun ujian lainnya. Ah netijen mah suka gituh.. suka egosentrisme. Etnosentrisme. Westernisasi. Primordialisme. Hedonisme. Konsumerisme. Nahluh keluar semua jimat2 sosiolognya kan.. hiyyyyyy😈😇

Baiknya kita sudahi saja racauan maul malam ini. Alih alih mau beralih, malah jadi sok ahli begini.

Kalau ada jarum yang patah
Jangan disimpan di dalam peti
Kalau ada kata yang salah
Jangan disimpan di dalam hati

*melipir cari kamus*
*biar gak salah kata lagi*
Ngapunten ya netijen yang gak bersalah, jadi kebawa-bawa deh👼

No comments: