aku

11 October 2017

Tips untuk Anak Kekinian dalam Rangka Menjelang Try Out

Dear dedek dedek generasi mi....lenial yang berbahagia. Saya harap kalian bahagia dimanapun berada. Di sekolah bahagia karna rambut gondrong gak kena razia guru, ataupun bahagia di tempat les karna ada gebetan baru yang ca'em dari sekolah laen. Apa? Ca'em itu apa? Ah kids jaman now pasti gaktau istilah ca'em ya karna itu istilah generasi 90an. Artinya keren, baik hati, solehah, rajin menabung, dan senang membantu orang yang mau nyebrang jalan tapi gak nyebrang-nyebrang karna gak bisa nyebrang.

Saya biasanya kirim pesan berantai kepada dedek-dedek untuk menghadapi ujian agar mereka kuat mengarungi sulitnya kehidupan. Berikut tips yang akan saya bocorkan di blog ini antara lain;

1. Persiapkan alat tulis
Hal-hal macam pensil 2b dan penghapusan yg gak digigit ujungnya mungkin kelihatan sepele. Tapi ini penting banget untuk kelancaran ujian/try out agar dibawa dari rumah sendiri. Cukup bawa 1 atau 2 pensil aja, gak usah selusin, apalagi se-toko nya.

2. Hafalkan nama panjang kamu sendiri
Pengawas terkadang bukan cuma melihat jawaban yang kamu bulet-buletin, tapi juga nama lengkap. Inget ya nama lengkap sesuai yang di akte! Jangan pake nama panggilan apa lagi nama akun instagram!

3. Baca kisi-kisi dan catatan
Bahwa sesungguhnya catatan dibuat adalah untuk dibaca ya, bukan untuk hiasan buku kamu, apalagi untuk dibuat origami kapal2an ama adik kamu!

4. Sarapan yang sehat
Gak usah mahal2 dan fotogenik makanannya, yang penting cukup untuk mengisi perut kamu biar gak bunyi2 saat ujian dan menyehatkan biar otak kamu cemerlang saat menjawab soal2 try out.

5. Minta restu orangtua
Restu orang tua itu penting banget. Sebab dari hatinya kita tahu bahwa kita adalah yang terpenting baginya di dunia ini. Inget setiap wejangan dan harapannya, bikin kita jadi semangat menaklukan ujian apapun itu.

6. Mandi!
Ya keleuuussss mau ujian gak mandi. Emang sih kadang ada orang merasa fine fine aja walaupun belum mandi tapi tetap masuk kelas. Tapi dengan gak mandi-nya kamu, bakal jadi ujian berat untuk teman-teman yang sekelas dengan kamu. Empati dong gengs.....

7. Berdoa dengan sepenuh hati
Last but not least, berdoalah. Minta sama Tuhan mudahkan jalannya. Bukakan pintu-pintu mana saja yang terbaik buat kamu biar cita-cita kamu tercapai. Aamiin.

Nah silakan dicoba ya dedek-dedek gem....bira! Semoga sukses!

No comments: