aku

08 July 2011

katanya, dunia ini panggung sandiwara

banyak orang bilang, dunia ini panggung sandiwara. kita wayangnya, dan Tuhan yg jadi produsernya... betul begitu?

kata-kata itu sekonyong-konyongnya muncul dari tweet sebuah abang gw yang iseeng gw komentarin, "bukannya panggung lenong bang?"
jauh di dalam hati sih sebenernya gw retweet bgt ama itu kata-kata. gw lagi ngerasa banget.. dunia ini tuh kayak adegan drama yg gak abis-abis.. kayak pertunjukan teater yang terus berlangsung tiap malam tanpa peduli akan ada penontonnya atau enggak.

ngomong-ngomong soal teater... gw jadi inget waktu pertamakali gw ketemu inyi kan... :/
hummmphh

kayaknya bener banget kata abang gw itu... dunia ini panggung sandiwara. Semuanya punya cerita. semuanya punya lakon masing-masing yang harus dijalanin. dan semuanya berusaha untuk tampil sebaik mungkin di hadapan penonton. gak peduli tuh produser nyuruh kita apa, yang penting penonton bisa kita bikin terbawa suasana. tepuk tangan para penonton adalah hal yang jauh lebih penting daripada uang sekalipun. uang bisa dicari,,, tapi penghargaan?? cuma bisa didapet dari hasil kerja keras kita. gimana caranya kita kelihatan sesuai dengan apa yang penonton itu mau.

begitu juga kehidupan. Kita semua percaya, kalo segala jalan kita sudah ada yang ngatur. sudah ada yang "memproduseri". tapi nyatanya apa? kita sering gak nerima jalan hidup kita yang udah dilukis indah oleh sang Pencipta. Kita maunya jalan hidup kita sesuai dengan apa yang kita mau. kita maunya semua orang yang kenal sama kita, ngeliat kita bahwa kita orang yang nyaris sempurna hidupnya : punya keluarga yang utuh, pekerjaan tetap, posisi oke, prestasi membanggakan, banyak temen, disukai banyak orang, dipuji mertua, dan bla bla bla lainnya pokoknya yang bikin orang lain iri sama hidup kita.
padahal kenyataannya?
keluarga kita gak harmonis, pekerjaan kita amburadul, prestasi hasil sogokan atau temen-temen yang ada sekarang juga akan pergi ketika kita lagi miskin?? siapa coba yang mau terima kenyataan hidup kayak gini?? gak ada! kalo pun ini dijadiin seebuah cerita di drama atau teater juga, orang pada males nontonnya.... Nah, makanya banyak orang mati-matian nutupin segala kekurangannya dengan bertopeng sebagus mungkin.. biar dikira orang lain bahagia.

hmmmphhh... *ambil nafas*


di sini gw gak bermaksud menyalahkan mereka yang suka pakai topeng ataupun mereka yang senang bersandiwara. gw juga sering pake topeng,, gw juga seneng bersandiwara..
karna ini semua bagian dari kehidupan, kawan.... *sok dewasa*
setiap orang ingin jalan hidupnya bahagia,, atau paling enggak, akan berakhir bahagia.
yaa, kayak kita kalo nonton film atau teater gitu..*tuh kan,, nyebut teater lagi!!* seneng kan kalo ceritanya happy ending?!
maka dari itu, gw rasa, setiap orang berhak memilih mau pakai topeng apa dia di pentas dan mau menjalankan perannya bagaimana di panggung nanti. karna kita juga gak mau kan dipaksa untuk bersandiwara kalo bukan kemauan dari hati kita. terserah deh orang mau ngomong apa soal peran kita di panggung.. yang penting kita udah berusaha melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan sesuai dengan keinginan sang produser.
"Dont hear what people say, close your eyes.. listen to your heart :)"


..dan sampai disini dulu coretan gw sore ini. eyke mau latihan pantun dulu nih cyyn... buat nge-lenong nanti malem :p

*thanks buat abang yang curhatannya jadi bikin gw terinspirasi untuk nulis lagi :)

No comments: