aku

02 June 2012

yang anget ya Wedang Ronde!


Buat kalian yang suka merasa kedinginan, kesepian, lalu galau.. nih musti coba yang namanya WEDANG RONDE . Enaknya diminum anget-anget pas malam hari, di waktu Anda merasa kedinginan baik tubuh maupun hati. Tapi untuk minuman penutup setelah makan malam atau sekedar nemenin ngobrol-ngobrol bareng temen di pinggir jalan sekitar kota Solo, juga asik :D

Wedang Ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Sejak tahun 1930 an, minuman ini sudah populer di sekitar Boyolali, Solo, Salatiga dan Ambarawa. Konon minuman ini merupakan favoritnya pejuang nasional, tokoh Katholik Mgr Soegijapranata saat tinggal di Ambarawa.

Hangat di hati, hangat di dompet (harga terjangkau).
Wedang Ronde adalah minuman dari air jahe yang berisi ronde, kolang-kaling & potongan kacang sangrai. Wedang sendiri berarti minuman. Sedang ronde itu ya, yang bulet-bulet seperti terlihat pada foto ini. Terbuat dari tepung ketan yang isinya kacang tanah dan gula merah. Konturnya kenyal-kenyal gimanaa gituh :P Jadi kalo pas kita gigit rondenya, maka rasa manis-gurihnya akan meleleh di mulut kita :) uu wuu wuu :)
Oiya kuahnya itu berasal dari seduhan air jahe, jadi pantes kalo minuman ini menghangatkan dan juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tenggorokan, meningkatkan stamina, memberi kehangatan pada tubuh dan juga bisa mengatasi mual dan mabuk darat, atau mungkin juga yang lagi dimabuk cinta bisa sembuh setelah minum ini.
Heuhehehehehhehehehe :))



1 comment:

Unknown said...

Tulisannya bagus2 mbak, salam kenal dari UNS jg. Keep writing :)