aku

21 June 2013

Mbah Laundry dan pikun-nya ? Hadapi!

Gue selalu deg-degan setiap hari Jumat karenaaaa gue gak minum white coffee *dih*. Hehe karena hari jumat adalah harinya mengambil baju di laundry sedunia! Terus kenapa lu deg-degan ul? Karena:
1. Penjaga laundry (semacam kasir)nya adalah seorang nenek berusia sekitar 70 tahun ke atas.
2. Mbah laundry (panggilan nenek tsb) selalu berbicara dengan bahasa jawa
3. Mbah laundry udah gue kasih tahu kalo gue orang Jakarta, tapi dia lupa terus, jadi tetep pakai bahasa jawa
4. Mbah laundry hobinya cerita
5. Mbah laundry kalau cerita gak bisa dipotong dan ceritanya panjaaaaaaaaaaang banget kayak antrian tiket kereta kalo jaman mudik.
6. Mbah laundry kalau gerak sedikit, terus gue minta laundryan baju gue untuk segera gue ambil- abis itu dia cerita ulang dari awal lagi.
7. Mbah laundry selalu lupa nama gue siapa, tapi inget namanya nopi. Selalu.
8. Mbah laundry udah gue ingetin berkali-kali “nama saya ulfa mbah.. ul...fa...” kemudian dia manggut2 nyengir lugu “ohiya mbak uuulfah”. Nah!
9. Abis itu mbah Laundry cerita lagi dengan tema berbeda
10.  Hingga akhirnya dia ngambilin kantong baju gue dan gue pun bernafas lega. Akhirnyahhh ........
“mbak olga, ini spreinya dipisah ya plastiknya......”
LAHHHHHHHHH????? ULFA mbah.. ULFA.. U EL EF AAAAAA

Heuhehe Seperti itu selalu dialog yang terjadi antara gue dan mbah Laundry. Awalnya deg-degan parah karena biasanya pas mau berangkat kuliah-kepepet-udah gak ada kemeja bersih-ke laundry-mbahnya cerita dari jaman belanda ampe cucunya yang umur 3 tahun-lamaaa bangets-ke kampus telat. Tapi sekarang gue kalo ngambil laundry pas pulang kampus. Cukup aman. Tak usahlah kau tanyakan mengapa daku manja sekali baju sendiri aja gak nyuci sendiri, atau tak usahlah kau pikirkan mengapa daku memilih laundry itu.... tak usah yah.... *menatap nanar pada keranjang cucian di sudut kamar*

Begini teman-teman,
Kita semua tahu, yang namanya lansia itu emang gak jauh-jauh dari pikun. Termasuk si mbah Laundry ini. “Seiring bertambahnya usia, kemungkinan mengalami penurunan fungsi kognitif otak pun meningkat. Penurunan tersebut bisa mengakibatkan gangguan atau hilangnya daya ingat” (KOMPAS, 1 Juni 2013). Biasanya orang menyebut demensia sebagai pikun. Padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda. Pikun itu bahasa awam yang berarti lupa. Sedangkan demensia merupakan penyakit yang mengganggu fungsi kognitif. Untuk yang mau baca perbedaan antara pikun dan demensia silakan buka disini http://health.kompas.com/read/2013/06/01/11401953/Demensia.Beda.dengan.Pikun.

Gue yakin bukan cuma gue aja yang sering ketemu  mbah2 macam ini. Banyak pasti. Meski ujung-ujungnya kita bakal ketawa kalo abis ceritain kepikunan seseorang. Lansia pula. Yakin sudah dimaklumin banget sama kamu-kamu yang lucu-lucu. IYA KAN? Iyalah harus maklum. Emang situ waktu kecilnya ditimang-timang ama siapa? Yang belain kalo lagi diomelin sama mama-papa siapa? Yang kalo dateng bawain mainan dan coklat siapa? Terus yang bangga banget kalo cucunya dapet juara 1 siapa? Yap! Kakek dan nenek.

Gue sayang banget sama nenek kakek gue. Banget. Gak usah ditanya seberapa besar. Dan  gue bersyukur banget di usia senja mereka, mereka punya tempat tinggal yang layak dan cucu-cucu yang banyak buat tempat cerita apaaaaaaaa ajaaaa yang mereka mau ceritain.

Satu yang gue sadarin kenapa si mbah Laundry ini suka banget cerita sama gue. Bukan karena gue imut banget! Bukan! Hehehe. Tapi karena dia gak ada orang untuk dengerin cerita-ceritanya. Cucunya (yosan) usianya baru 3 tahun. Anaknya si mbah yang punya laundry ini sibuk kerja. Anak yang lainnya gue gak begitu tahu dimana (belom diceritain sama mbah Laundry). Terus kanan kiri itu toko komputer. Jadiii ya semacam seneng juga beliau kalo ada anak kost yang naro/ambil laundryan jadi semacam tempat curhat.

Jadi, aku kudu piye ul?

Ya gak gimana-mana. Haha paling enggak gue udah  ngasih tahu ke teman-teman aja kalo orangtua itu butuh komunikasi. Butuh diajak bicara sama orang yang enak, yang bikin dia nyaman, yang bisa jadi tempat dia berbagi pengalaman. Jadi kalo lu masih punya mbah entah nenek atau kakek atau (dengan beruntungnya) kakek nenek lengkap, coba ajak ngobrol kalo lagi deket. Atau paling enggak dengerin aja deh. Asik kok dengerin mereka cerita, kita kayak diajak ke suatu jaman yang beda banget dengan yang kita alami sekarang. *okeh neng paul sotoy banget ini hhe*
Ohiya, kira-kira seminggu yang lalu mbah Laundry ini cerita katanya kios laundryannya ini mau pindah tempat. Terus gue cuma bilang, “oh....... pindah kemana mbah?”. Mbahnya bilang ke yang deket honda honda itu. Gue manggut-manggut kalem. Tapi terus dia bilang, “aku juga sudah protes sama anakku.. kalau kita pindah, lah terus mbak ulfa piye.... ?”

Subhanallah.... Maha Suci Tuhan yang menjanjikan pengganti kerabat dan kawan bagi anak-anak rantau. Semacam nenek gue aja ini mbah Laundry care banget mengkhawatirkan nasib cucian gue, yang bahkan gue sering bodo amat-in.

Hari ini hari jumat. Hari ini gue ambil laundryan. Hari ini mbah Laundry cerita ada cucunya mau masuk SMA N 3 Surakarta. Terus dia cerita kalau dulu sekolah itu tadinya bekas gereja Belanda. Terus dia sempet ngajarin gue bahasa belanda. Terus gue susah melafalkannya, terus gue disuruh ulang-ulang terus sampe bener.... baru boleh pulang bawa laundryan.. hff..


mbah Laundry sedang cerita jaman penjajahan Belanda


1 comment:

mareyla said...

Gw gapunya kakek nenek lg :( terakhir ketemu cm nenek dr nyokap dan itupun ga lama. Yaampun kalo doi lg cerita gw seneng bgt, semuanya gerak segala engsel badannya. Terus pijitannya mantap :( rindu ku rindu