aku

28 August 2010

Kamilah 'terang' itu

'Habis gelap terbitlah terang' -R.A Kartini-

Di sini saya mau bicara soal emansipasi versi saya.
Saya mengutip kata 'terang' itu sendiri.
Menurut saya, terang itu.. bercahaya, berpijar, bersinar.. dan mampu jd petunjuk jalan, sesuatu yg dapat diandalkan dan tak kan terganti.
Begitulah 'terang' versi saya.

Terang itu kekuatan untuk membaca,
kehangatan untuk mencintai,
kelembutan untuk menghapus air mata,
kepatuhan untuk mengajari,
dan pengorbanan untuk menguatkan hati.

Dan kamilah 'terang' itu.. ya saya berharap seperti itu.

KAMI ; saya, mama, enyak, ncing, tante, nenek, oma, bu guru, mbok2 jamu, mbak2 warteg, kakak2 atlet, desainer, dan semuaaaa PEREMPUAN HEBAT di INDONESIA..
KAMILAH TERANG ITU,
kami tak lagi di kasur menunggu datangnya lamaran,
kami tak lagi di sumur hanya untuk mencuci, mencuci, dan mencuci pakaian,
kami tak lagi di dapur untuk membuat bakwan..
kami sekarang jg turun ke jalan, masuk ke gedung DPR menjadi anggota dewan yg terhormat, kami sekarang ada di ruang kelas untuk belajar atau pun mengajar, kami sekarang jg membawa koper pergi ke kantor, kami ada dimanapun untuk menerangi yg kegelapan, membasuh peluh bagi yg lelah, hadirkan semangat bagi yg kehilangan arah.
Kami mencintai apa yg kami lakukan sekarang!

HIDUP PEREMPUAN INDONESIA!
HIDUP MAHASISWA!



Surakarta, Agustus 2010

No comments: